Cara Membuat Name Server di whm/cpanel

Cara Membuat Name Server di whm, Domain – Name server (DNS) adalah sebuah server internet yang dikhususkan untuk menangani request dari komputer atau server yang terhubung di internet terkait  dimana sebuah domain berada dan layanan-layanan di dalamnya, termasuk email. Analogi mudahnya adalah dengan menyamanan name server seperti phone book pada telp. Phone book telp memudahkan kita mengingat no telp dengan mengganti no telp yang berupa angka dengan nama teman atau saudara kita.

Kita dapat menghubungi teman melalui telp dengan langsung mengetikkan no telp secara langsung, namun jika kita sudah menyimpan no telp tersebut dengan memberi nama khusus di phone book maka kita akan jauh lebih mudah mengingat dan cepat saat akan menghubungi dibandingkan harus mengingat no telp teman kita tersebut.

Bagaimana cara kerja server dns dalam menanggapi permintaan dari klien

Berikut adalah urutan kerja sebuah name server dengan memberikan urutan saat kita mengakses google.co.id.

  1. Browser yang kita gunakan mengetahui apa yang kita ketikkan pada browser, yaitu google.co.id dan kemudian meneruskan ke DNS yang kita gunakan pada komputer kita.
  2. DNS pada komputer kita kemudian merespon untuk menanyakan ke dns global terkait dengan alamat IP yang digunakan oleh google.co.id
  3. Nameserver yang digunakan google.co.id yaitu ns1.google.com, ns2.google.com, ns3.google.com dan ns4.google.com memberikan respon terkait permintaan dari browser kita yaitu dengan memberikan balasan A record google.co.id yaitu 74.125.200.94
  4. Selanjutnya, komputer kita akan melakukan request ke ip 74.125.200.94 dan halaman google akan terbuka di browser kita.
  5. Dalam penjelasan di atas, kita bisa mengakses website google.co.id dengan mengetikkan ip 74.125.200.94, pada browser tapi akan lebih mudah bagi kita dengan mengetikkan google.co.id pada browser.

Cara Membuat Name Server di whm/cpanel

Cara Membuat Name Server di whm sangatlah mudah. Ada dua tahap dalam membuat nameserver yaitu membuat name server di whm/cpanel dan kemudian membuat child name server di tempat kita membeli domain.

Penting: Silakan lihat Cara Instal cPanel di VPS jika belum menginstal WHM/cPanel.

Membuat Name Server di whm/cpanel

1. Untuk membuat name server di whm/cpanel, silakan login di akun WHM dan kemudian pilih menu Server Configuration ยป Basic WebHost Manager atau dengan mengetikkan basic di search bar WHM dan kemudian scroll ke menu bagian bawah:

Cara Membuat Name Server di whm/cpanel

2. Masukkan nameserver yang akan kita gunakan pada name server. Pada contoh ini, kita akan menggunakan ns1.e-cloud.id dan ns2.e-cloud.id.

3. Selanjutnya, klik Configure Address Records pada masing-masing nameserver dan masukkan IP VPS cloud pada kolom IPv4. Jika kita hanya memiliki satu IP di VPS, maka gunakan IPv4 yang sama pada kedua nameserver tesebut.

Cara Membuat Name Server di whm/cpanel

Jika record sudah ditambahkan di kedua name server, maka selanjutnya adalah kembali ke menu nameserver dan kemudian klik save changes untuk mengaplikasikannya.

Cara Membuat Name Server di whm/cpanel

Selesai. Pada tahap ini name server di cpanel telah selesai dibuat. Namun, name server tidak atau belum dapat digunakan pada domain sebelum kita membuat child name server di tempat kita membeli domain.

Membuat Child Name Server

Setelah name server di cpanel selesai dibuat, maka selanjutnya adalah membuat child name server agar name server tersebut dapat kita gunakan. Untuk membuat child name server, maka kita harus login pada kontrol panel di tempat membeli domain. Menu child name server setiap layanan domain mungkin akan sedikit berbeda, namun secara umum tetap sama.

Berikut adalah tahapan untuk membuat child name server.

1. Login di layanan tempat kita membeli domain, dalam contoh ini kita akan login di tempat membeli e-cloud.id dan kemudian pilih menu child name server.

Cara Membuat Name Server di whm/cpanel

2. Selanjutnya, tambahkan child name server ns1.e-cloud.id dan ns2.e-cloud.id masukkan ip vps kita pada kolom IP.  Klik Save untuk menyimpan perubahannya.

Cara Membuat Name Server di whm/cpanel

Selesai. Kita telah berhasil membuat name server ns1.e-cloud.id dan ns2.e-cloud.id. Selanjutnya, setiap domain yang ditambahkan pada WHM/cPanel vps dapat diarahkan dengan menggunakan name server yang telah kita buat tersebut.

Sumber : https://www.e-cloud.id

Related posts