2013, The End of An Era

Kebanyakan melakukan evaluasi dan membuat resolusi di akhir tahun. Saya pun demikian, tapi lebih dikarenakan faktor hari kelahiran saya di akhir tahun. Tahun 2013 adalah tahun yang kaya momentum, dari perjalanan intelektual hingga masa-masa emosional. Tahun ini sangat menarik.

Hidup memang misterius. Di akhir tahun lalu, saya mengevaluasi diri dengan tulisan yang sangat mendalam, dikarenakan kegagalan demi kegagalan yang terjadi di tahun itu. Saya kehilangan tujuan dan kepercayaan diri. Di tahun ini, kebalikan yang terjadi, segala puji bagi Allah. Saya diberikan pencapaian demi pencapaian yang sangat disyukuri. Saya tidak berkelut dengan kemana akan melangkah; saya sudah siap melangkah lebih jauh dari manusia lainnya, ke arah yang sudah lugas tergambar di kepala.

Usia 23, di tahun 2013 kemarin, menjadi masa yang sangat berharga, dimana janji perbaikan yang saya lantangkan pada diri sendiri bisa terlunasi, bahkan membuahkan hasil. Di tahun ini saya mendapatkan 3 penghargaan prestisius skala nasional, saya membuat perusahaan formal, memperbaiki bisnis yang hancur, lebih matang secara intelektual dan visi, dan menikahi wanita pujaan. This is one of the best year, so far. Alhamdulillah.

Tahun ini saya belajar tentang makna kesederhanaan, tentang kebahagiaan, rasa syukur, mimpi besar, empati, dan perjuangan, dengan porsi yang lebih besar dari sebelumnya. Saya merasa idealisme tidak hanya lagi di teori, tetapi sudah ke ranah strategi. Sebagai seorang pribadi, saya merasa lebih matang. Alhamdulillah.

Tahun ini adalah akhir dari era. Kawan-kawan yang biasanya bermain PES hingga pagi satu persatu mulai pergi, mengejar mimpinya masing-masing di tahun ini. Era lajang saya pun berakhir, menuju era cinta nyata dan tanggung jawab. Era saya berbisnis asal-asalan juga berakhir, menuju era berbisnis formal dan terukur. This is the end of an era.

Apa yang akan terjadi di tahun selanjutnya? Saya tidak tahu; tapi saya tahu akan lakukan apa di usia 24 nanti, saya tahu harus mengejar apa dan ke arah mana. Membayangkannya saja jantung saya terpacu keras. This is exciting. Let’s bring the world a new era.

Leave a Reply